Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Macet Dengan Mudah


Assalamualaikum.......
Halo guys, hari ini saya ingin membagikan cara atau tips mengatasi keyboard laptop/notbook macet (ketekan sendiri) dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Nggak Kebayang kan ketika lagi ngetik Laporan/skripsi tiba-tiba keyboardnya macet, makanya mungkin lewat postingan kali ini saya menyampaikan pengalaman Pribadi tentang cara mengatasi keyboard laptop yang macet.
 
Keyboard adalah Hardware perangkat Komputer/Laptop yang dimana fungsinya untuk mengetik tulisan (Digital). karena tugasnya yang berat ditekan terus-terusan sehingga sering terjadi kerusakan (macet). Keyboard laptop macet disebabkan karena kurangnya perawatan  guys, jadi untuk teman-teman yang males membersihkan laptop agar rutin membersihkannya, terutama debu-debu yang menempel atau masuk ke sela-sela keyboard, tidak hanya itu pernyebab keyboard macet disebabkan karena panas dari mainboard/harddisk yang bekerja dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan keyboard lembab dan akhirnya menyebabkan tombol keyboard macet, teman-temankan pasti tau bahwa laptop itu komputer instan, yang didalamnya telah ada CPU, Monitor, Keyboard, touchpad (pengganti mouse), batrai. berbeda dari PC yang Hardwarenya terpisah-pisah dan laptop lebih lengkap dari PC, wajar saja jika terjadi beberapa permasalahan. jadi saya saranin buat teman-teman agar menggunakan laptop dengan sewajarnya, jangan terlalu lama karena laptop minim akan ventilasi udara, tidak seperti PC yang hardware-hardwarenya besar dan ventilasi yang sangat memadai. Biasanya gejala-gelaja keyboard laptop macet itu ada beberapa yang pertama Laptop macet saat Booting (saat menghidupkan), yang kedua saat meng-klik kanan biasanya pada awal tulisan pilihan ada garis bawah pada masing-masing pilihan yang ada, yang ketiga biasanya akan mengetik sendiri, ketika sedang mengetik misalnya “aaaaaaaa” yang tertekan tanpa henti dan masih banyak gejala lainnya.

Ok guys mungkin langsung saja ke inti pembahasan, yang harus dipersiapkan yaitu yang pertama software Keyboard Test Portable (kalau belum punya Download di sini), yang kedua jarum, yang ketiga berdo’a + kalau orang Bima-Dompu bilang Tawaka (Tawakal)

Buka software Keyboard Test Portabel, biasanya akan ada muncul tanda merah pada salah satu tombol keyboard yang bermasalah atau macet ketika software Keyboard Test Portabel di buka, atau coba teman-teman mengklik tombol dengan berurutan dari timur-barat stau sebaliknya, tombol yang normal biasanya ketika di tekan akan berwarna merah setelah di lepas akan berwarna hijau.


Jika ada salah satu tombol yang dirasa macet atau berwarna merah dan tak kunjung berubah ke warna hijau, selanjutnya teman-teman congkel tombol keyboard tersebut dari sisi atas atau bawah tombol tersebut menggunakan tangan, setelah itu teman-teman congkel penyangga menggunakan jarum dari kedua sisi penyangga.



Setelah pencopotan, coba teman-teman tekan karet tombol dengan kuku dengan menindis karet tombol tersebut berulang-ulang kali sambil menggoyangkan sedikit karet tersebut sambil memerhatikan apakah ada perubahan pada warna tombol pada Keyboard Test Portabel di Monitor.



Selanjutnya apabila ada perubahan ataupun tidak pada warna tombol pada software Keyboard Test Portabe, teman-teman coba angkat plastik dibawah karet tombol tersebut secara perlahan dengan memasukkan jarum tepat dibawah plastik seperti gambar dibawah ini, karena kabel aliran keyboard terbuat dari plastik yang didalamnya ada serbuk hitam  yang akan menempel apabila ditekan, oleh karena itu biasanya kabel plastik tersebut menempel karena lembab.





Apabila ada keterangan warna hijau pada tombol yang bermasalah, selamat teman-teman telah berhasil memperbaikinya.


Sekarang proses pemasangan kembali, setelah jarum yang tadi telah dikeluarkan,  yang pertama dipasang adalah penyangganya dengan memperhatikan posisinya yang benar, masukkan terlebih dahulu bagian sisi tengah, apabila sudah lalu tekan sisi yang berseblahan, setelah sudah memasang penyangga lalu ambil tombol yang tadi dicopot sesuaikan posisinya lalu tekan. Apabila masih bingung lihat gambar-gambar dibawah ini.



Sekian Artikel tentang cara mengatasi keyboard laptop yang macet dari saya,  semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum...... 

NB. Apabila ada yang belum dipahami silahkan hubungi saya.

No comments:

Post a Comment

Cara men-Scan isi Buku menjadi Teks menggunakan Hp android tanpa harus mengetik

Assalamualaikum.....  Halo guys.. Kembali lagi saya Ahlun Nazar akan membagikan sebuah Artikel tentang cara men-scan isi buku menjad...